Lewati navigasi

Pengertian Software

  • Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

  • Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Nah setelah tau tentang penegrtian software kita sekarang akan membahas tentang software palsu atau bajakan.Sebagai anak muda seharusnya kita cukup malu kalau kita menggunakan software palsu karena itu hanya akan merusak nama baik nagara kita sendiri.Memang harga software bajakan relatif lebih murah dibandingkan dengan sofware yang asli. Namun dengan adanya hal ini banay orang yang menyalah gunakan sofware.Berbagai komunitas Opensource mulai menampakkan diri, berbondong-bondong untuk memperkenalkan ini looh Free/Open Source Software (FOSS) yang free dan gratis tanpa perlu membeli lisensi dan bisa di modifikasi sesuka hati. Persoalan mendasar di opensource hanya karena kurang familiarnya di masyarakat awam di banding dengan Proprietary Software sejenis Microsoft.

Free/Open Source Software (FOSS) yaitu perangkat lunak yang bebas digunakan tanpa dibatasi oleh apapun dan juga bisa dimodifikasi sesuka hati kita, juga tentu saja tidak disebut lagi sebagai seorang pembajak kalau menggunakanya. Free artinya bebas bukan berarti gratis, kita juga bisa membuat software dengan opensource dan bisa menjual produk yang kita hasilkan tanpa takut dibatasi oleh lisensi.Pembajakan Proprietary Software sejenis Microsoft marak terjadi di berbagai negara, alasan utama untuk membajak karena mahalnya harga software proprietary tersebut. Itu baru untuk Sistem Operasinya belum lagi membutuhkan antivirus untuk mencegah virus, spyware dan lain-lain agar data-data di komputer kita aman dan tidak di rusak oleh virus. Dan juga kita membutuhkan software untuk pengolah gambar yang kesemuanya mempunyai lisensi dan mahal harganya. Kalau kita menggunakan Free/Open Source Software (FOSS) kita tak perlu susah payah dan buang-buang duit untuk membeli softwarenya nah kan kita bisa berhemat kan. Kalau yang punya banyak uang sich silahkan membeli yang legal yang super duper mahal untuk ukuran orang Indonesia tapi kan sayang juga duitnya di buang-buang untuk beli yang mahal padahal ada yang lebih murah mending digunakan untuk pelatihan atau pembelajaran opensource kan lebih bermanfaat. Selain dapat merusak nama bangsa, kita juga akan merasa malu karena software bajakan tidak asli melainkan palsu. Bahkan dari pembeliannya pun mungkin saja kita bisa tertipu.

Mari teman-teman kita hentikan pengguna sofware bajakan. Biarkan mahal namun aman.

Tinggalkan komentar